Jumat, 21 Oktober 2016

Batas-Batas Nagari Ulakan

  1. 1.      Batas-Batas Nagari Ulakan
    1. Secara Administratif
Batas nagari secara administrative telah ditentukan oleh masing-masing pemerintahan kabupaten di masing-masing daerah. Batas nagari ulakan secara administrative diatur dalam Perda Kabupaten Padang Pariaman Nomor 2 tahun 2002 yang kemudian direvisi menjadi Perda Nomor  5 tahun 2009 tentang pemerintahan bernagari.

  1. Secara Adat
Batas Nagari Ulakan secara adat telah disebutkan dalam pepatah “Nan sajangkau Salepai Daun Siriah, Nan Salingka Carano”.

“Nan Sajangkau Salepai Daun Siriah”
Maksudnya ; Menurut adat niniak mamak nan sapuluah sabaleh jo bijo rajo artinya adat sa incek, pusako sabuah, pinang sarumpun, badia salakak, rantai sarawan, anjiang siukua, galah sabatang.
Artinya : Penentuan batas Nagari Ulakan yang ditetapkan oleh Niniak Mamak berdasarkan pembagian tanah ulayat yang telah ditentukan melalui perundingan oleh niniak mamak Nan Sabaleh. Batas-batas tersebut berada pada ujung kekuasaan tanah ulayat suatu kaum yang telah dibagi. Antara niniak mamak nagari ulakan dengan niniak mamak nagari tetangga pada masa dahulunya masih terdiri dari satu kerapatan adat nagari.

“Nan salingka carano”
Maksudnya : rang tuo sa pandapat, penghulu sa undiko (sa adat), alim sakitab dalam artian urang tuo bajalan dengan pandapat, penghulu bajalan dengan adat, alim bajalan dengan aturan itu menurut aturan nan Salepai daun siriah, Nan Salingka carano. Artinya : setiap wilayah masing-masing nagari memiliki satu pemakaian adat yang sama tetapi aturannya berbeda-beda.


Maksudnya yaitu:
  1. Antara Ulakan dengan Pauh kambar menurut adat barek sapikua, ringan sajinjiang dalam artian barek nan ka dipikua ringan nan ka dijinjiang Pauah Kambar Bintungan Tinggi. Begitu pun sebaliknya antara Pauh Kambar, Bintungan Tinggi dengan Nagari Ulakan.
  2. Antara Ulakan dengan Kurai Taji menurut adat barek sapikua, ringan sajinjiang dalam artian barek nan samo ka dipiikua ringan nan samo ka dijinjiang Sunur Kurai Taji. Begitu pun sebaliknya antara Sunur Kurai Taji dengan nagari Ulakan.
  3. Antara Ulakan dengan Nagari Tapakis dan Ketaping batasnya menurut adat Barek nan samo ka mammikua ringan nan samo ka manjijiang Tapakis dan Ketaping. Begitu pun sebaliknya. Antara Tapakis, Ketaping dan Ulakan.

Dari cara pemakaian adat inilah batas antara Nagari Ulakan, dengan Nagari Tapakis, Nagari Pauh Kambar, Nagari Bintungan Tinggi, Nagari Sunur Kurai Taji  dapat dibedakan, yang secara fisiknya ditandai dengan batas-batas tanah ulayat dari suatu kaum yang ada pada daerah tersebut.
Misalnya : Batas Nagari Ulakan sebelah Utara yang berada pada tanah ulayat Rang Kayo Rajo Amai Said yang terletak di Ujuang Gurun/Tabiang Guntuah Korong Kampung Aru, berbatasan dengan Nagari Pauah Kambar yang berada di Ujuang Gurun juga yang terletak di Korong Pauh Kambar Hilir. Hal ini telah disesuaikan oleh niniak mamak nan sabaleh dalam membagi tanah ulayat.
  1. d.      Acuan Batas Nagari Ulakan
    1. Secara Histiografi Tradisional
Nagari Ulakan sebagai wilayah pemerintahan terendah memiliki batas-batas sebagai berikut :
v  Sebelah Utara: Nagari Padang Bintungan dan Nagari Pauh Kambar (Kec. Nan Sabaris) lataknyo di (“Persawahan” Ujuang Gurun/ Tabiang Guntuah)
v  Sebelah Timur : Nagari Sintuak Toboh Gadang dan Nagari Tapakis barado
( “ Sungai Batang Tapakis” Taluak Pasak)
v  Sebelah Barat : “Nagari Sunur Kurai Taji (Kec. Nan Sabaris) batampek di (“Tanah Gangkah” Korong Muaro).
v  Sebelah Selatan : Samudera Hindia.
  1. Dokumen Tertulis (Peta Perjanjian)
Setelah melakukan wawancara dengan Bapak Sukiman (Wali Nagari Ulakan), Sudirman Rang Kayo Rajo Mangkuto (Ketua KAN Ulakan),  H. Khatib Mukthar Malin Nan Itam ( Malin Adat Nagari Ulakan) ditambah dengan keterangan beberapa tokoh masyarakat yang memberikan penjelasan bahwa pada masa dahulu nagari Ulakan dengan nagari yang sepadan (perbatasan) tidak pernah membuat peta perjanjian dalam menentukan batas nagari, karena secara sako dan pusako batas-batas tersebut telah ditentukan berdasarkan pembagian tanah ulayat oleh Niniak Mamak nan sabaleh dari suku-suku yang mendirikan nagari ditambah dengan daerah-daerah kantong, yaitu tanah-tanah yang terletak antara masing-masing ulayat suku.
Secara administratif wilayah nagari ulakan digambarkan dalam peta berikut :








GAMBAR. Peta Nagari Ulakan di ambil 8 Oktober 2012.
  1. e.       Sejarah Batas Nagari Ulakan
    1. Siapa yang Menetapkan, mengapa beliau yang berwenang?
Penetapan batas nagari Ulakan dengan nagari sepadan (nagari tetangga) ditetapkan oleh niniak mamak nan sabaleh berdasarkan kekuasaan tanah ulayat suatu kaum dibawah pembinaan Kerapatan Adat Nagari.

Yang dikatakan niniak : Rang Kayo Rajo Amai Said, Rang Kayo Rajo Dihulu, Rang Kayo Rajo Sulaiman, Rang Kayo Rajo Mangkuto, dan Bijo rajo yang disebut Datuak Tamin Alam.
Dan yang dikatakan Mamak :  Datuak Malelo Pandak (suku Jambak), Datuak Nan Kodo Sati (suku Panyalai/Caniago), Datuak Jan Batuah (suku Guci/Piliang), Datuak Pripatiah ( suku Sikumbang ), Datuak Batuwah (Suku Tanjuang), dan Datuak  Koto.

  1. Bagaimana penetapannya
    1. Penetapan batas nagari Ulakan sebelah Utara yang berada di Ujuang Gurun/ Tabiang Guntuah, karena ujuang gurun merupakan daerah yang paling ujung dari kekuasaan tanah ulayat tiga nagari dari kaum yang bersangkutan, diantara tiga nagari tersebut yaitu : Nagari Ulakan, Nagari Pauh Kambar dan Nagari Bintungan Tinggi.
    2. Penetapan batas nagari Ulakan sebelah timur yang berada di taluak pasak yang berbatasan dengan nagari Tapakis, karena disitulah penempatan Datuak Panduko Magek selaku panungkek niniak nan sabaleh dari nagari nan tigo yaitu : Nagari Ulakan, Nagari Tapakis dan Nagari Ketaping. Niniak nan sabaleh tersebut adalah dari Nagari Ulakan : Rang Kayo Rajo Amai Said, Rang Kayo Rajo Dihulu, Rang Kayo Rajo Sulaiman, Rang Kayo Rajo Mangkuto, dan Bijo rajo yang disebut Dt Tamin Alam. Dari Nagari Tapakis : Rang Kayo Rajo Tan Basa, Rang Kayo Rajo Basa, Rang Kayo Rajo Malako, Rang Kayo Rajo Malakewi, Rang Kayo Rajo Batuah dan Rang Kayo Rajo Sampono di nagari Katapiang. Di Taluak Pasak inilah letaknya Rumah gadang Rajo Sulaiman (Niniak dari Nagari Ulakan) dan Surau Pertemuan tempat Syech Burhanuddin pertama kali mengaji dengan Syech Madinah. Taluak Pasak merupakan ulayat dari Rang Kayo Rajo Sulaiman yang berada pada perbatasan antara nagari Ulakan dengan nagari Tapakis yang dibatasi oleh sungai batang Tapakis

  1. Penetapan batas nagari Ulakan sebelah barat dengan Sunur Kurai Taji terletak di Tanah Gangkah di Korong Muaro. Pada masa dahulu di wilayah tersebut dihuni oleh Inyiak Gadang Kanso selaku orang pemberani (Urang Bagak) dari nagari Ulakan yang mengawasi orang dari nagari lain masuk ke nagari Ulakan, dan pada masa itu ada orang dari nagari lain masuk ke nagari Ulakan lewat dilokasi tersebut dengan sigap inyiak gadang kanso menghadangnya/menggertaknya dengan menghentakan kakinya ke tanah sehingga tanah tersebut gangkah (Retak) sehingga kaki beliau terkubur sampai lutut karena hentakan kakinya yang begitu kuat. Melalui peristiwa inilah tanah gangkah dijadikan perbatasan oleh masyarakat nagari Ulakan dengan nagari Sunur Kurai Taji.

  1. Kapan ditetapkan
Waktu penetapan batas nagari Ulakan sampai sekarang tidak diketahui lagi oleh siapapun karena waktunya yang sudah lama. Sebelum islam masuk ke nagari Ulakan yang dikembangkan oleh syech burhanuddin, pada masa itu nagari Ulakan sudah memiliki territorial pemerintahan yang sudah memiliki batas-batas tertentu dibawah bimbingan niniak mamak salingka nagari (KAN).

  1. Dimana ditetapkan
Lokasi Niniak mamak nan sabaleh melakukan perundingan dalam menetapkan pembagian tanah ulayat yang sekaligus dijadikan sebagai pedoman batas nagari bertempat di Dalam Pandan di wilayah Ulayat Rajo Dihulu pada saat itu nama daerahnya Padang Kampuang-kampuangan sekarang Korong Kampung Gelapung.

  1. f.       Kondisi Batas Nagari saat ini
    1. Sosialisasi
Sosialisai dalam memberitahukan batas-batas nagari Ulakan selama ini hanya disampaikan secara lisan oleh tokoh-tokoh masyarakat kepada generasi muda. Secara fisik batas-batas yang telah ditentukan tersebut jelas dan mudah diketahui oleh semua orang. Akan tetapi secara adat batas-batas nagari Ulakan tersebut disosialisasikan oleh mamak kepada kemenakan  sesuai dengan tambo yang dimiliki oleh kaum yang bersangkutan yang sesuai dengan batas-batas tanah ulayat kaumnya.

  1. Penjagaan dan Perawatannya
Secara historis pada masa dahulu setelah ditetapkannya batas nagari berdasarkan perundingan antara niniak mamak nan sabaleh dari masing-masing nagari, batas nagari ulakan dijaga oleh parik paga yang diambil dari dubalang masing-masing rajo di nagari Ulakan yang tugasnya menjaga keutuhan wilayah, dan secara adat (mamaga adat jangan rusak) secara syara’ (menjaga syara’ jangan runtuh). Sampai sekarang tugas dari parik paga ini masih berjalan dengan baik sesuai dengan undang-undang yang telah ditetapkan oleh niniak mamak.

  1. Apakah ada konflik dengan nagari tetangga
Dalam konteks adat dan budaya nagari ulakan dengan nagari tetangga nya tidak pernah terjadi konflik, namun dari sisi lain dalam masalah perekonomian masyarakat nagari ulakan pernah terlibat konflik dengan masayarakat nagari sunur pada tahun 1970. Pada masa itu konflik yang terjadi disebabkan oleh kesalahpahaman antara pedagang ikan masyarakat ulakan dengan pedagang ikan dari nagari sunur di pasir sebelah kota padang. Pertengkaran pada waktu itu sempat menelan korban dari masyarakat nagari sunur dan akhirnya konflik dapat diredam oleh pemerintahan kabupaten yang dibantu oleh niniak mamak salingka nagari kedua belah pihak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar