Minggu, 12 Juni 2011

Jaguar Koleksi Terbaru Taman Safari Indonesia

Jaguar Koleksi Terbaru Taman Safari Indonesia




CISARUA-- Lembaga Konservasi eks-situ (di luar habitat) Taman Safari Indonesia Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, menambah koleksi satwa baru, yaitu jaguar (Panthera Onca).

"Satwa (jaguar) ini sekilas tampak mirip dengan macan tutul," kata Direktur Taman Safari Indonesia Cisarua Tony Sumampau di Cisarua, Kabupaten Bogor, Minggu (12/6). Kedatangan dua jaguar itu bertujuan untuk melengkapi fasilitas kandang pamer yang mengoleksi berbagai jenis kucing yang didatangkan dari lima benua.

Jaguar tersebut didatangkan dari Tierpark, Kebun Binatang Jerman, yang merupakan hasil pertukaran antarkebun binatang dengan koleksi macan tutul Jawa. Kedua jaguar tersebut masing masing bernama Diablo (berkelamin jantan ) yang lahir 17 September 2009 dan betinanya bernama Valdivia, lahir 16 April 2009.

Kedua satwa karnivora tersebut tiba di Taman Safari Indonesia Cisarua pada 15 Mei 2011. Setibanya di Taman Safari Indonesia, kedua satwa tersebut langsung menjalani proses karantina di bawah tim medis kesehatan satwa.

Jaguar tersebut baru bisa diperlihatkan kepada pengunjung pada Sabtu (11/6) di lokasi Baby Zoo. Satwa berstatus hampir punah dengan panjang badan 70-90 cm, berat badan 45-113 kg, dan habitatnya di hutan hujan lebat itu mampu bertahan hidup antara 12-15 tahun. (Ant/OL-5)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar